PTPN III (PERSERO) Salurkan Dana Kemitraan Dan Bina Lingkungan TW I


MEDAN - Program program peduli masyarakat dan lingkungan terus diselenggarakan oleh PTPN III (Persero), seperti baru baru ini PTPN III (Persero) selaku BUMN Perkebunan kembali mengucurkan Dana Kemitraan dan Bantuan Bina Lingkungan kepada masyarakat Sumatera Utara, tepatnya pada hari Senin dan Selasa (22-23 April 2019) bertempat di Aula Elais Guinenssis Kantor Direksi Medan.

Bantuan ini merupakan wujud komitmen kepedulian PTPN III (Persero) terhadap pembinaan lingkungan dan masyarakat sekitar. Penerima bantuan adalah masyarakat atau stakeholder yang berada disekitar wilayah kerja operasional PTPN III (Persero).

Bantuan Bina Lingkungan pada triwulan I ini diserahkan kepada 69 objek yang bervariasi dengan total bantuan senilai ± Rp. 2.045.241.200,- (dua milyar empat puluh lima juta dua ratus empat puluh satu ribu dua ratus rupiah) sedangkan untuk Dana Kemitraan disalurkan kepada 67 Mitra Binaan dengan total nilai mencapai Rp. 5.083.000.000 (lima milyard delapan puluh tiga juta rupiah).

Dengan tema acara “Peduli Kini Untuk Nanti”, penyerahan dan kemitraan dan bina lingkungan dilakukan secara simbolis oleh Ahmad Gusmar Harahap (SEP SDM & Umum) yang didampingi oleh Unang Kuswono selaku Kepala Bagian PKBL PTPN III (Persero). 

Dalam sambutannya, Ahmad Gusmar Harahap mengatakan bahwa PTPN III (Persero) memiliki komitmen kuat untuk membantu masyarakat sekitar. Salah satunya adalah dengan menyalurkan dana kemitraan dan bantuan bina lingkungan yang merupakan kewajiban dari BUMN dan merupakan salah satu Program BUMN Hadir Untuk Negeri. 

“Dengan dilaksanakan penyaluran bantuan ini artinya bahwa PTPN-III (Persero) juga turut berkontribusi dalam memperhatikan peningkatan perekonomian masyarakat dan Stakeholder melalui pengembangan Usaha Kecil baik di Wilayah sekitar PTPN-III (Persero) maupun Sumatera Utara pada umumnya” tambah Gusmar.

Ahmad Gusmar juga mengharapkan kepada penerima bantuan agar terus menjaga dan mendoakan PTPN III (Persero) agar PTPN III (Persero) kedepannya bisa lebih baik lagi dalam penggalian produksi dan harga jual yang mendukung sehingga PTPN III (Persero) bisa terus hadir untuk membantu masyarakat  melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan ini.

Pada kesempatan yang sama, Unang Kuswono juga menyampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kemampuan para mitra binaan, maka dilaksanakan juga pelatihan selama 1 hari. Adapun tujuan dari pelatihan ini adalah sebagai upaya dalam memberi pencerahan dan pembelajaran untuk mengelola Usaha Kecil dan Menengah (UKM) agar mampu memiliki daya saing dikancah persaingan bisnis era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang sedang berlangsung.

Penyaluran Dana Program Kemitraan ini merupakan kerjasama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Propinsi Sumatera Utara, dimana dari 67 (enam puluh tujuh) Calon Mitra Binaan PTPN-III (Persero), terdapat 4 (empat) Calon Mitra Binaan yang direkomendasikan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Propinsi Sumatera Utara. (Rel/Jhonsen)