Untuk Meningkatkan Produktivitas Lakukan Perjanjian Kerjasama

BELAWAN - Dalam rangka Penandatangan perjanjian kerjasama antara Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS), Bank Negara Indonesia (BNI) dan Koperasi Maju Lancar Mandiri labuhanbatu.

Penandatanganan itu untuk meningkatkan produktivitas kebun kelapa sawit rakyat. Acara tersebut yang dilakukan di Kantor Dinas Perkebunan Sumatera Utara Jalan A.H. Nasution depan Asrama Haji Medan, jumat (1/03/2019).

Perjanjian kerja sama tersebut dilakukan untuk pemberian dana hibah dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit untuk Replanting atau penanaman ulang terhadap kelapa sawit rakyat yang berusia pokok tersebut sudah tua dan produktivitasnya rendah.

Pemerintah melalui BPDP-KS melakukan program peremajaan sawit rakyat khususnya di kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara, dengan luasan peremajaan perdana atau pilot project mencapai sekitar 58 Hektar.

Peremajaan sawit rakyat khususnya dikabupaten Labuhanbatu dipelopori oleh Koperasi Maju Lancar Mandiri labuhanbatu dan diketahui oleh Hamdan Siregar. Dukungan yang sangat luar biasa dari pemda labuhanbatu khususnya Dinas Pertanian labuhanbatu.

"Proses pelengkapan adminitrasi dan legalitasnya dimulai sejak tahun 2017 lalu, setelah melalui rangkaian dinamika yang panjang pada tahun 2019. Baru dapat dilakukan penandatanganan resmi untuk Replanting perdana," ucap Hamdan Siregar.

"Diharapkan kedepannya, petani yang bergabung dikoperasi tersebut meningkat sehingga luasan lahan yang dapat ditanam ulang meningkat sesuai dengan target pemerintah melalui BPDP-KS," harapan Kadis Pertanian Labuhanbatu.

Sambungnya, peremajaan sawit rakyat merupakan program strategis pemerintahan untuk meremajakan perkebunan kelapa sawit rakyat diseantiro Indonesia yang mencapai 2,5 juta Hektar yang didukung segenap stakeholder kelapa sawit Indonesia, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Perusahaan perkebunan dan petani-petani swadaya.

Sakaria Ginting selaku seketaris mengatakan, koperasi maju lancar mandiri labuhanbatu bekerja sama dengan PT Siringo-ringo yang merupakan afiliasi PT Musim Mas yang menjadi bapak angkat (offtaker) dalam pelaksanaan Replanting tersebut," kata Sakaria Ginting.

Sambungnya, sedangkan PT Siringo-ringo melakukan pembinaan pengelolaan adminitrasi perkoperasian dan pola penyiapan lahan. Penggunaan bibit kelapa sawit unggul, teknik budidaya kelapa sawit terbaik dan berkelanjutan sehingga produktivitas kelapa sawit rakyat yang direplanting menjadi tinggi.

Dengan dilaksanakannya penandatanganan perjanjian kerjasama 3 Pihak antara BPDP-KS, Bank BNI dan Koperasi Maju Lancar Mandiri Labuhanbatu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu mengharapkan kepada Koperasi tersebut yang menerima bantuan dana Peremajaan Sawit Rakyat ( PSR) dapat menggunakannya dengan segera apabila dananya telah ditransfer ke Petani, demi peningkatan pendapatan petani (Git)