Rutan Labuhan Deli Lakukan Pelatihan Berbasis Kompetensi Ke 32 Warga Binaan

LABUHAN - Sebanyak 32 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Labuhan Deli mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) senin (25/03/2019).

Kegiatan pelatihan ketrampilan ini sangat penting untuk diberikan kepada warga binaan Lapas atau Rutan.

Pelatihan tersebut atas kerjasama dengan Balai Latihan Kerja dan Kementerian Tenaga Kerja. "Kegiatan kita hari ini yaitu pembukaan pelatihan servis refrigerasi AC dan juga listrik," kata  Nimrot Sihotang sebagai Karutan kelas II B Labuhan Deli.

Pihak dari Rutan tersebut akan memberikan modal kepada warga binaan ini dengan dana koperasi, atas perintah bapak Presiden RI Joko Widodo sehingga apa yang diharapkan oleh undang-undang Nomor 12 tentang Pemasyarakatan yaitu menciptakan manusia yang mandiri.

Dilaksanakannya dengan adanya program pemberian pinjaman kepada warga binaan, tentunya pinjaman ini dari sistem koperasi dan setiap warga binaan yang meminjam akan mengembalikan kembali pinjamannya kepada koperasi.

"Nominalnya kita tidak bisa targetkan, tetapi bisa memberi contoh. Misalnya dia seorang memiliki keterampilan untuk membawa mobil tapi tidak punya SIM," jelas Nimrot.

Sambungnya, kita akan membantu untuk mengurus dirinya dan mungkin membuka kegiatan untuk jualan di pinggir jalan.
Dari koperasi dana yang dipinjamkan oleh warga Binaan Rutan Labuhan Deli sebesar 1 juta sampai 2 juta Rupiah dengan bunga 2%," tandas karutan labuhan deli.

Kabid Program dan evaluasi BLK Medan Wawan Heriyanto mengatakan, untuk tetap menerima mereka meningkatkan kompetensi di BLK kami. Jadi sebagai dasar dulu kami berikan disini, Dan setelah lepas dari rutan ini, mereka harus membawa bukti dasar pelatihan nanti baru kami bawa kesana dan mengisi fromulir dan biaya digratiskan," sebut Kabid Program dan Evaluasi BLK Medan Wawan Heriyanto.

Turut hadir dalam giat tersebut dihadiri oleh Kantor wilayah Kemenkumham Sumatera Utara, diwakili oleh Yama Purba, Kepala BBPLK diwakili Wawan Heriyanto SE, Kapolsek Medan Labuhan diwakili Wakapolsek AKP Ponijo, LSM dan tokoh kepemudaan. (Git)