Akhyar Ajak Semua Warga Wujudkan Medan Bersih

MEDAN - Menciptakan kondisi lingkungan yang bersih dan asri bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, tapi juga butuh dukungan penuh dari seluruh pihak, terutama masyarakat. Apabila itu dapat dilakukan, maka Kota Medan  akan menjadi rumah bersih, nyaman, rapi dan asri. Oleh karenanya sudah sepatutnya semua  untuk saling bahu membahu mewujudkannya.

Demikian disampaikan Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi di hadapan seratusan para komunitas pecinta lingkungan yang berkumpul di Jalan Krakatau Ujung, Kecamatan Medan Timur, Minggu (10/3) pagi. Kehadiran para komunitas pecinta lingkungan ini dalam rangka kegiatan penanaman 250 bibit pohon dan mencabut sejumlah paku yang menancap di seluruh pohon di sepanjang Jalan Krakatau.
       
Wakil Wali Kota hadir ke lokasi dengan menaiki sepeda. Sebelum memulai penanaman bibit pohon, Wakil Wali Kota mengucapkan terima kasih atas kepedulian sejumlah komunitas dan pemerhati lingkungan terhadap Kota Medan. Dikatakannya, Pemko Medan mengaku senang dengan kehadiran sejumlah penggiat lingkungan yang concern terhadap kebersihan kota Medan.

“Hal itu patut kita apresiasi, sebab tidak banyak orang yang peduli dengan lingkungannya. Terbukti, masih banyaknya warga yang dengan sengaja membuang sampah sembarangan tanpa memikirkan dampak yang ditimbulkannya," kata Wakil Wali Kota     .
           
Atas dasar itulah sambung Wakil Wali Kota, Pemko medan berharap seluruh pihak dapat ikut serta mengambil bagian guna terciptanya Kota Medan yang bersih, nyaman, indah dan asri. Selain itu Akhyar juga berharap agar  seluruh warga dapat menyadari dan merubah mindset bahwa masalah kebersihan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata lewat petugas kebersihan yang ada.
           
"Kita ini masih senang melihat orang lain susah daripada harus meringankan kesusahan orang lain. Artinya, setiap kali membuang sampah sembarangan, kita masih saja berpikir bahwa itu urusan petugas kebersihan. Padahal, tidak ada salahnya kita meringankan pekerjaan orang lain dengan mewadahi sampah kita masing-masing agar tidak berantakan dan jangan buang sembarangan karena itu hanya akan merusak dan menjadikan Kota Medan kotor," paparnya.
           
Atas dasar itulah Wakil Wali Kota terus menghimbau warga agar sadar akan kebersihan lingkungan. Salah satunya dengan rutin melakukan gotong royong di lingkungan sekitar tempat tinggal masing-masing. Sebab, sekecil apapun upaya yang dilakukan untuk menjadikan kota Medan bersih akan membuahkan hasil signifikan bagi estetika kota jika dilakukan secara konsisten.

Kegiatan penanaman 250 bibit pohon dan mencabut sejumlah paku yang menancap di seluruh pohon di sepanjang Jalan Krakatau dimulai sejak pukul 07.00 WIB. Selain para komunitas peduli lingkungan, acara ini turut dihadiri Camat Medan Timur M Odi Batubara, masyarakat serta jajaran Kecamatan Medan Timur. (Rel)