Akhyar Tinjau Lokasi MTQ Di Medan Marelan

MEDAN - Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi meninjau langsung lokasi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-52 Tingkat Kota Medan di Jalan Rahmad Buddin, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, Kamis (31/1) pagi.  Peninjauan tersebut dilakukan guna mengetahui sejauh mana persiapan yang telah dilakukan OPD terkait, terutama kesiapan lokasi acara. Sebab, festival pemuliaan Al Qur’an akan tinggal menyisakan waktu sekitar sebulan lagi.

            Peninjauan itu dilakukan Wakil Wali Kota didampingi Kadis Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan Khairul Syahnan,  Kabag Humasy Ridho Nasution serta sejumlah perangkat Kecamatan Medan Marelan. Meski kali ini Kecamatan Medan Marelan menjadi tuan rumah namun camat selaku kepala wilayah tidak berada di lokasi hingga peninjauan Wakil Wali Kota meninggalkan lokasi.

            Sejumlah pekerja dari Dinas PU Kota Medan melakukan pengorekan drainase, sedangkan  personil Petugas Penanganan Prasaranadan Sarana Umum (P3SU) Kecamatan Medan Marelan tengah membersihkan rumput dan semak. Lahan seluas sekitar 5 hektar tersebutkini sudah rata  berkat kerja keras Dinas PU dan siap untuk digunakan melaksanakan MTQ.

            Meski tampak puas dengan kondisi lahan namun Wakil Wali Kota berulangkali memberikan arahan kepada Kadis PU. Sebab, Akhyar ingin pelaksanaan MTQ tahun ini jauh lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Oleh karenanya Akhyar pun berharap agar seluruh OPD terkait terus bersinergi sehingga pelaksanaan MTQ nantinya berjalan dengan baik dan lancar.

            ‘’Kita ingin memastikan sudah sejauh mana persiapan yang dilakukan untuk pelaksanaan MTQ yang direncanakan pada Maret mendatang. Hal ini agar saat pelaksanaan MTQ berlangsung, kita bisa menampilkan yang terbaik. Untuk itu saya meminta kepada seluruh OPD terkait agar saling berkoordinasi dan bekerjasama guna mewujudkan keinginan tersebut,” kata Wakil Wali Kota.

            Usai meninjau lokasi, Wakil Wali Kota selanjutnya melihat sketsa rencana tata letak serta gambaran kondisi pelaksaan MTQ nantinya. Dalam sketsa yang diberikan oleh pihak Kecamatan Medan Marelan tersebut, Wakil Wali Kota mengatakan untuk memikirkan semua aspek. Tidak hanya soal penataan panggung yang akan digunakan oleh para qori dan qoriah, tapi juga soal akses pintu masuk dan keluar. Hal ini mengingat nantinya dipastikan akan banyak masyarakat yang akan datang berkunjung ke tempat diadakannya MTQ.

            ‘’Seluruh OPD terkait harus benar-benar memikirkan secara rinci seluruh aspek yang berkaitan. Untuk Dinas Perhubungan agar memikirkan arus lalu lintas sehingga terhindar dari kemacetan. Apalagi di jalan ini banyak dilalui truk dengan tonase besar. Selain itu juga Dinas Kebersihan dan Pertamanan agar menyiapkan tempat sampah dan toilet umum serta berkoordinasi dengan pihak PLN terkait lampu penerangan, ‘’ pesannya.

            Selanjutnya, Wali Kota juga tidak lupa mengingatkan agar Kadis PU agar memperhatikan betul akses jalan keluar dan masuk di lokasi acara. Dengan demikian arus kenderaan baik masuk maupun keluar dapat berjalan dengan lancar.“Alhamdulillah, kemarin akses jalan menuju lokasi yaitu Jalan Rahmad Buddin sudah dilakukan perbaikan oleh Dinas PU. Saat ini tinggal membenahi kondisi jalan di lokasi acara agar permukaan tanahnya rata. Kemudian menutup parit-parit yang ada di lokasi acara sehingga tidak membahayakan pengunjung yang datang,’’ paparnya.

           Di sela-sela peninjauan, mantan anggota DPRD Medan itu kembali mengingatkan dan berpesan kepada seluruh kepling, lurah dan camat untuk selalu mengimbau dan mengajak masyarakat di wilayahnya masing-masing agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

            Sementara itu Kadis PU Kota Medan Khairul Syahnan menyatakan, seluruh jajarannya siap untuk mensukseskan pelaksanaan MTQ, baik lokasi maupun infrastruktur jalan serta drainase. Meski kondisi lokasi sudah rata namun Syahan mengaku akan kembali melakukan penimbunan guna mengantisipasi lokasi acara nantinya digenangi air saat hujanm deras turun.

            “Untuk lokasi acara, alhamdulillah,  saya rasa sudah tidak ada masalah lagi. Kita tinggal melakukan finishing dan penimbunan sehingga lokasi acara menjadi lebih baik. Di samping itu kita juga terus membersihkan drainase baik yang ada di lokasi acara maupun sekitar lokasi acara agar air tetap mengalir sehingga mampu menampung debit air saat hujan deras turun. Oleh karenanya setiap hari kita turunkan sejumlah petugas di lokasi acara,” jelas Syahnan. (Red)