Proyek Penimbunan Dicanang Tetap Membandel, Meski Sudah Didemo Dan Ditegur Kecamatan


BELAWAN - Proyek penimbunan yang diduga untuk depo penumpukan peti kemas tak memiliki izin lingkungan di Jln Pulau Sicanang, Kecamatan Medan Belawan.

Terlihat pada Kamis (24/01/2019) siang, terlihat aktifitas penimbunan masih berlangsung yang dibawa oleh truk-truk, meskipun sudah ada teguran dari pihak Kecamatan Medan Belawan, (dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup yang telah disetujui). 

Seharusnya dalam sebuah proyek pembangunan, harus dilengkapi izin dari pihak kecamatan dan lain sebagainya, namun proyek tersebut seperti kebal hukum. Hingga tak menghiraukan teguran dari pihak kecamatan.

Sebelumnya Proyek tersebut sempat didemo Masyarakat yang tergabung dalam Forum Masyarakat Sicanang (Formasi) melakukan unjuk rasa ke lokasi proyek pergudangan di Jalan Pulau Sicanang Kecamatan Medan Belawan Senin (21/01/2019) lalu.

Dalam aksi tersebut, Para pengunjuk rasa menggunakan karton berisi tulisan tuntutan, mendesak supaya perusahaan yang akan membangun pergudangan, Agar tidak membiarkan tanah berserakan di badan jalan, Dan menimbulkan kotoran di jalan.

Masyarakat berteriak mendesak pihak perusahaan mendengarkan tuntutan mereka.
"kami tidak mau kampung kami ini kotor dan jorok karena tanah-tanah ini., Apalagi kalau kering ini akan menyebabkan debu, Apabila pihak perusahaan tidak mau mendengar tuntutan kami masyarakat disini, Kami meminta supaya penimbunan dihentikan " Teriakan masyarakat.

Masyarakat mendesak kepada pihak perusahaan agar memperbaiki drainase yang telah rusak akibat tertimbun tanah. Sehingga, Saluran air mereka tumpat.

"Jangan gara - gara proyek ini, kampung kami kotor, jalan terganggu dan saluran parit rusak. Kami mau pekerjaan ini harus berhenti, jangan sempat kami hadang truk melintas kemari " Kata Silaen dihadapan para masyarakat yang demo.

Sementara itu Camat Medan Belawan Ahmad didampingi Secam Medan Belawan dan Kasi Sabras Kecamatan Medan Belawan Roby saat dikonfirmasi mengatakan proyek penimbunan pergudangan di Jalan Pulau Sicanang Kecamatan Medan Belawan tidak ada izin, Dan Kami tidak ada mengeluarkan rekomendasi pengurusan perizinan, Padahal mereka pihak pengusaha tesebut sudah surat perjanjian dengan warga bahwa proyek tersebut diberhentikan dulu" katanya kepada Metro24Jam.co.id

Hingga berita ini diturunkan belum bisa memperoleh konfirmasi dari pihak pengusaha terkait nihilnya izin lingkungan proyek timbunan tersebut. (Git)