Akhir 2018, Masterplan Smart City Kota Medan Selesai

MEDAN - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  menerima  kunjungan  pendamping sekaligus fasilitator penyusunan Masterplan Smart City Kota Medan dari Universitas Gajah Mada (UGM) Prof Ahmad Junaidi di Balai Kota Medan, Senin (1/10). Tujuan kedatangan untuk melaporkan  hasil penyusunan masterplan yang dilakukan. Sejauh ini penyusunan yang dilakukan berjalan dengan lancar, diperkirakan masterplan  akan selesai akhir tahun 2018.                                                                                                           Dijelaskan Ahmad, penyusunan masterplan ini didukung penuh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia. “Kedatangan kami untuk melaporkan hasii penyusunan masterplan yang telah dilakukan. Kami sudah tiga kali melakukan bimbingan teknis dan hasilnya lancar sesuai capaian. Kami optimis akhir tahun ini Masterplan Smart City Kota Medan akan selesai dengan hasil yang baik,” kata Ahmad.

Masterplan  Smart City, jelas Ahmad, merupakan dokumen perencanaan pembangunan dan pengembangan smart  city (kota cerdas) berupa inisiatif-inisiatif program beserta peta jalannya (road map) sehingga menghasilkan solusi dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Melalui smart city nanti,  Ahmad berharap dapat membuat kehidupan masyarakat di kota Medan akan menjadi lebih baik, aman, nyaman dan sejahtera. Sebagai contoh capain cepat (quick wins)  yang diharapkan selesai tahun ini, ungkap Ahmad, misalnya pengurusan administrasi kependudukan dan penanggulangan persampahan.

“Capaian cepat itu dibantu dengan berbagai teknologi, sebab inti dari smart city adalah memanfaatkan berbagai teknologi sangat dibutuhkan, terutama teknologi informasi guna meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Didampingi Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi, Kadis Kominfo Kota Medan Zain Noval dan Kabid Persandian Topan Ginting, Wali Kota menyampaikan terima kasih dan apresiasinya atas penyusunan Masterpaln Smart City Kota Medan yang telah dilakukan. Apalagi masterplan itu direncanakan akan selesai akhir 2018.

“Tentunya ini sangat menggembirakan bagi kita, sebab masterplan smart city cukup penting dan perannya sangat vital sebagai landasan materi dan panduan pembangunan kota. Di samping itu juga membantu Pemko Medan dalam menetapkan kebijakan, regulasi dan arah prioritas pembangunan kota. Terutama lagi dalam upaya kita memberikan kemudahan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” sambut Wali Kota.

Usai diterima Wali Kota, Ahmad yang hadir bersama perwakilan dari Direktorat Aptika Kementerian Kominfo selanjutnya meninjau ruangan command centre yang berada di lantai satu Balai Kota, tepatnya  bekas ruangan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Medan.  Kehadiran command centre ini nantinya akan mendukung pelaksanaan smart city di kota Medan. (rom)